Slogan

Pro :

Nusantara Jaya

Nusantara Jaya

Sabtu, 02 Oktober 2010

SIAPA DIA ?

Liem Swie King

Pahlawan Bulutangkis Indonesia

Liem Swie King, pahlawan bulutangkis Indonesia, lahir di Kudus, 28 Februari 1956. Dia legendaris bulutangkis Indonesia setelah Rudy Hartono. Dia telah puluhan kali mengharumkan nama Indonesia di pentas bulutangkis dunia. Ia terkenal dengan pukulan jumping smash, yang dijuluki sebagai King Smash.

Wongso Suseno

Petinju Pertama Rebut Juara OPBF

Petinju profesional Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar juara internasional. Petinju kelahiran Malang, 17 November 1945 ini merebut gelar juara OPBF kelas welter setelah menundukkan Chang Kil Lee dari Korea Selatan, 28 Juli 1975 di Istora Senayan, Jakarta.

Barack Obama

Mengukir Sejarah Amerika

Barack Obama mempunyai latar belakang yang menarik: ayahnya kulit hitam, ibu kulit putih, satu-satunya Afro-Amerika di Senat AS, calon presiden AS pertama keturunan Afrika dari Partai Demokrat. Sewaktu kecil pernah tinggal dan sekolah di Indonesia.

Ronny Pattinasarani (1949-2008)

Pesepakbola Indonesia Legendaris

Pesepakbola legendaris Indonesia kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Februari 1949 ini meninggal dalam usia 59 di Omni Medical Centre, eks RS Ongkomulyo, Jakarta Timur, Jumat , 19 September 2008 sekira pukul 13:20 WIB. Olahragawan Terbaik Nasional (1976 dan 1981) itu menderita kanker.

Mari Alkatiri

Perdana Menteri Pertama Timor Leste

Siapkan Generasi Muda Jadi Perdana Menteri. Mari Bin Amude Alkatiri atau akrab dikenal Mari Alkatiri, seorang muslim yang beraliran politik nasional sosialis. Sekjen Fretilin ini terpilih sebagai Perdana Menteri pertama Timor Leste (RDTL) yang berpenduduk mayoritas Katolik, setelah Pemilu 2001.

Eko Yuli Irawan

Medali Pertama Olimpiade Beijing

Atlet angkat besi Indonesia, ini meraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 (10/8/2008) di kelas 56 kg dengan total angkatan 288 kg. Dia atlet pertama Indonesia yang meraih medali di ajang ini. Sang Juara kelahiran Lampung, 24 Juli 1989, ini telah meraih beberapa medali di ajang nasional dan internasional.

Liem Tiang Gwan

Ahli Radar Dunia, Putera Indonesia

Liem Tiang Gwan, putera Indonesia kelahiran Semarang, 20 Juni 1930, ini seorang ahli Radar (radio detection and ranging) yang mendunia. Radar rancangannya banyak digunakan untuk memantau dan memandu naik-turunnya pesawat di berbagai belahan dunia.

Nortier Simanungkalit

Maestro Mars dan Himne

Nortier Simanungkalit seorang maestro Indonesia. Komponis lulusan Pedagogi UGM itu telah mencipta lebih 150 komposisi musik yang semuanya berupa mars dan himne. Maestro kelahiran Tarutung, 17 Desember 1929, itu menekuni musik sejak berusia 19 tahun. Karya pertamanya Sekuntum Bunga.

Ronny Pasla

Kiper Indonesia Legendaris

Ronny Pasla kiper Indonesia (PSSI) legendaris kelahiran Medan, 15 April 1947. Dia berkiprah sebagai kiper tim nasional Indonesia tahun 1966 sampai 1985. Peraih Piagam dan Medali Emas dari PSSI (1968), Atlet Terbaik Nasional (1972) dan Penjaga Gawang Terbaik Nasional (1974), itu memulai karir sepak bolanya dari Medan.

Benazir Bhutto (1953-2007)

Martir Demokrasi Pakistan

Mantan PM Pakistan Benazir Bhutto tewas sebagai simbol modernitas dan martir demokrasi di Pakistan. Puteri tertua Zulfikar Ali Bhutto, kelahiran Sindh, 21 Juni 1953, itu ditembak pelaku bom bunuh diri, Kamis (27/12/2007) di tengah kerumunan pendukungnya di Lapangan Liaqat Bagh, Rawalpindi, Pakistan.

Pratibha Patil

Perempuan Pertama Presiden India

Pratibha Patil, perempuan pertama yang menjabat Presiden India. Gubernur Negara Bagian Rajasthan Ke-16 dan politisi Partai Kongres pimpinan Sonia Gandhi, ini terpilih menjadi Presiden India Ke-13 dalam Pilpres India 19 Juli 2007. Dia menggantikan APJ Abdul Kalam pada 24 Juli 2007.

Ryan Lalisang

Peraih Emas Pertama Asian Games 2006

Sang Juara Boling! Dia peraih medali emas pertama bagi tim Indonesia di Asian Games 2006. Emas pertama juga bagi cabang boling Indonesia di Asian Games dan pertama pula buat Ryan yang baru pertama kali tampil di Asian Games. Pemuda putus kuliah ini memecahkan rekor Asian Games 2006.

Condoleezza Rice

Perempuan Terkuat Dunia

Condoleezza Rice, salah seorang wanita terkuat dunia. Perempuan lajang kelahiran Birmingham, Alabama, 14 November 1954, itu menjadi Menlu AS ke-66 dan perempuan kulit hitam pertama yang menduduki jabatan itu. Rice memberikan sumpahnya sebagai Menlu 28 Januari 2005 dihadiri Presiden Bush.

Retno Maruti

Maestro Tari Jawa Klasik

Retno Maruti, seniman yang memiliki daya cipta tinggi. Dia maestro tari Jawa klasik. Penari dan kreografer ini sangat kreatif mengembangkan tari Jawa klasik yang dianggap 'kuno' menjadi memukau selera penonton 'modern' dalam beberapa pagelaran monumental.

Sindudarsono Sudjojono (1913-1985)

Bapak Seni Lukis Indonesia Modern

Dia pionir yang mengembangkan seni lukis modern khas Indonesia. Pantas saja komunitas seniman, menjulukinya Bapak Seni Lukis Indonesia Baru. Dia salah seorang pendiri Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) di Jakarta tahun 1937 yang merupakan awal sejarah seni rupa modern di Indonesia.

Paus Benediktus XVI

Pelayan yang Bersahaja

Kardinal Joseph Ratzinger kelahiran Bavaria, Jerman, 16 April 1927, terpilih sebagai Paus ke-265, menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang wafat pada 2 April 2005. Setelah terpilih Selasa 19 April 2005 yang ditandai mengepulnya asap putih dari cerobong Kapel Sistina di Basilika Santo Petrus, dia memilih nama Paus Benediktus XVI.

Susi Susanti

Peraih Emas Pertama Olimpiade

Masa keemasannya yang berlangsung cukup panjang, berpuncak pada juara tunggal putri bulutangkis Olimpiade Barcelona, Spanyol (1992). Dia peraih emas pertama Indonesia di Olimpiade. Ketika itu Alan, pacarnya, juga juara di tunggal putra sehingga media asing menjuluki mereka sebagai "Pengantin Olimpiade".

Jhezarie Javier

Miss ASEAN Pertama

Miss Filipina Jhezarie Javier, 23, terpilih menjadi Miss ASEAN 2005. Dia Miss ASEAN pertama. Dalam grand final  di Jakarta, Sabtu malam 19 Maret 2005, Jhezarie, mengungguli tujuh finalis lainnya. Saat terpilih, Jhezarie menangis haru didampingi Miss Indonesia Imelda Fransisca (runner up I) dan Miss Thailand Panisa Chaikanarakku (runner up II).

Prof. Dr. Robert W. Hefner

Peneliti Islam Indonesia

Guru Besar Antropologi Universitas Boston, Amerika Serikat yang fasih berbahasa Indonesia, Jawa dan Perancis, ini sejak tahun 1977, rajin bolak-balik Amerika-Indonesia. Dia mengajar sebagai dosen tamu di UGM sambil terus giat melakukan penelitian-penelitian. Ia dikenal mempunyai pengetahuan yang luas tentang Islam dan Indonesia.

Tan Joe Hok

Bahagia, Kebanggaan Bangsa

Dia punya nama besar sebagai atlet kebanggan negeri ini pada masanya. Dia bahagia dapat mengharumkan nama bangsa. Tan Joe Hok, kelahiran Bandung, 11 Agustus 1937 putra pertama Indonesia yang menjuarai All England dan meraih emas Asian Games (1962). Serta bersama tim merebut Piala Thomas pertama kalinya (1958).

Traian Basescu

Pelaut Jadi Presiden Romania

Ingat Romania, ingat Nicolae, pemimpin komunis Romania Nicolae Andruta Ceausescu yang ditembak mati pada 25 Desember 1989. Namun, 15 tahun setelah itu, antek-antek komunis tak kunjung lenyap. Hari Minggu 12 Desember, "tembakan" kedua bagi eks komunis terjadi dengan kemenangan Traian Basescu (53) pada pemilu presiden.

Teguh Karya (1937-2001)

Suhu Teater Indonesia

Terlahir dengan nama Liem Tjoan Hok, di Pandeglang, Jawa Barat, 22 September 1937, Teguh Karya yang akrab dipanggil Om Steve, adalah sutradara film pelanggan piala citra. Dia layak disebut suhu teater Indonesia yang banyak melahirkan sineas-sineas terkemuka. Mereka menganggapnya sebagai bapak, guru, sekaligus teman.

Wangari Maathai

Peraih Nobel Perdamaian 2004

Pemenang Nobel Perdamaian 2004 ini tertawa dengan ekspresi bingung ketika dikerubuti oleh wartawan dan ditanya, apa rasanya menjadi. "Saya sangat gembira. Saya benar-benar tak tahu harus berkata apa," kata Wangari Muta Maathai (64) sesaat setelah ia dinobatkan oleh Komite Nobel menjadi pemenang.

Finn Kydland dan Edward Prescott

Raih Nobel Ekonomi 2004

Juri The Bank of Sweden Prize in Economic Sciences 2004 memenang-kan Finn E Kydland (Norwegia) dan Edward Prescott (AS) meraih hadiah Nobel Ekonomi 2004. Karena kontribusi mereka terhadap dinamika ilmu ekonomi makro: Konsistensi waktu pada kebijakan ekonomi dan faktor-faktor di balik siklus bisnis.

Affandi (1907-1990)

Maestro Seni Lukis Indonesia

Semasa hidupnya, telah menghasilkan lebih 2.000 karya lukis. Karya-karyanya dipamerkan ke berbagai negara di dunia, dan selalu memukau pecinta seni lukis dunia. Maestro yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari University of Singapore (1974), ini lebih sering melukis dengan menumpahkan cat dari tube-nya kemudian menyapu dengan jari-jarinya.

Yap Thiam Hien (1913-1989)

Obor Pejuang Keadilan dan HAM

Ia seorang pengabdi hukum sejati. Namanya telah menjadi sumber inspirasi dan obor api semangat bagi segenap pejuang keadilan dan HAM di negeri ini. Pria Tionghoa ini seorang advokat yang berani dan tanpa pamrih membela orang tertindas. Patutlah namanya diabadikan sebagai nama penghargaan penegakan HAM: Yap Thiam Hien Award.

Artika Sari Devi

Puteri Indonesia 2004

Artika Sari Devi dari Provinsi Bangka-Belitung terpilih sebagai Puteri Indonesia 2004 dalam malam penobatan Puteri Indonesia yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center, Jumat 6 Agustus 2004. Artika menyisihkan 35 peserta lainnya. Sementara, runner up satu Nadia Mulia dari Provinsi Banten dan runner up dua Novia Isabeth dari Provinsi Gorontalo.

Bagong Kussudiardja (1928-2004)

Begawan Seni itu Telah Tiada

Koreografer dan pelukis kenamaan yang digelari begawan seni, ini meninggal dalam usia 75 tahun di RS Bethesda, Yogyakarta, Selasa 15 Juni 2004 pukul 22.45. Seniman kelahiran Yogyakarta, 9 Oktober 1928 yang telah mencipta lebih 200 tari, itu meninggal akibat komplikasi penyakit prostat, paru-paru, diabetes, dan jantung.

Utut Adianto

Anak Ajaib Bersyaraf Baja

Pria yang mendapat julukan ‘anak ajaib’ dan ‘syaraf baja’ ini dikenal piawai memainkan buah catur. Ia pertama kali mengharumkan nama Indonesia saat meraih Juara II Dunia (dibawah usia 16 tahun), di Puerto Rico. Dia Olahragawan terbaik Indonesia tahun 1995, ketika masuk ke dalam kelompok elit 60 pecatur top dunia pada 1995.

Yasser Arafat

Simbol Perjuangan Panjang Palestina

Presiden Palestina Yasser Arafat telah menjadi simbol dan personifikasi perjalanan panjang perjuangan Palestina untuk merdeka di negeri sendiri. Sejak masa remaja, Yasser, nama panggilannya semasa kecil, sudah berjuang untuk bangsa dan negerinya. Berulangkali nyawanya terancam tapi ia tak pernah surut melawan Israel.

Abdullah Ahmad Badawi

Mewarisi Kejayaan Malaysia

Deputi Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi (63), dilantik sebagai PM kelima Malaysia oleh Kepala Negara Malaysia Raja Syed Sirajuddin Putra Jamalullail, dalam suatu upacara di Istana Nasional, Jumat 31/10/2003. Ia mewarisi kejayaan Malaysia menggantikan Mahathir Mohamad.

Christian Hadinata

Legenda Hidup Bulutangkis Indonesia

Nama Christian Hadinata layak menjadi simbol kekuatan bulutangkis Indonesia. Dia adalah legenda hidup yang berhasil mengukir prestasi internasional baik ketika menjadi pemain, pelatih, maupun saat ini sebagai pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Mahathir Mohamad

Stop Pendangkalan Islam

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengimbau agar para ulama dan intelektual Muslim menghentikan penyebaran interpretasi dangkal dan keliru tentang Islam. Para ulama seharusnya tidak menyebarkan ajaran-ajaran yang mem-bingungkan, dan sebaiknya mengajarkan iptek sehingga masyarakat Muslim diperhitungkan lagi di mata dunia.

Aung San Suu Kyi

Simbol Perjuangan Rakyat Myanmar

Aung San Suu Kyi baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke- 58 dalam tahanan rezim militer Myanmar. Tidak diketahui oleh umum di mana perai nobel perdamaian (2001) itu ditahan. Namun demikian, hari ulang tahunnya dirayakan banyak orang, tidak hanya di negerinya. Pemimpin Partai Liga Nasional Demokratik itu ditahan pada 30 Mei 2003 lalu.

Syamsul Arifin

Gubernur Sumut 2008-2013

Gubernur Sumut Syamsul Arifin mengingatkan para pegawai bahwa untuk melayani masyarakat kuncinya harus disiplin. Untuk melakukan perubahan di jajaran stafnya, ia mengatakan tidak perlu dengan teori-teori baris-berbaris atau outbond, tetapi hanya dengan menyentuh hatinya untuk kerja giat.

Dada Rosada

Teladan, Kunci Kepemimpinan

Kunci keberhasilan Dada Rosada, adalah keteladanan dan kesungguhan melaksanakan tugas sebagai Walikota Bandung (2003-2008). Luluasn S2 STIA LAN-RI, kelahiran Ciparay, Bandung, 29 April 1947, ini kembali dicalonkan Partai Golkar dan PDI-P berpasangan dengan Ayi Vivananda.

Ansgerius Takalapeta

Bupati Penggerak Tanam Pohon

Bupati Alor, NTT periode 1999-2009, ini berhasil menggerakkan kebiasaan menanam pohon. Pria yang suka mengenakan songkok dengan aksesori khas Alor, ini dalam setiap kegiatan selalu menyertakan penanaman pohon. Dia pun dianugerahi penghargaan Kalpataru dalam bidang lingkungan hidup 2008.

Nidalia Djohansyah Makki

Perempuan Lebih Peka dan Responsif

Anggota DPR RI (Fraksi PAN) dari Lampung ini seorang politisi perempuan yang perannya menonjol di Senayan. Alumni Boumeville College, Birmingham, Inggris, kelahiran Jakarta, 19 September 1959, ini amat peka dan responsif terhadap berbagai masalah yang menyangkut hajat hidup masyarakat. 

Mahyuddin NS

Gubernur Sumsel 2008

Mahyuddin NS dilantik sebagai Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), 11 Juli 2008. Sebelumnya, dokter kelahiran Lahat, 14 September 1947, ini menjabat Wakil Gubernur Sumsel dan sempat menjadi Plt Gubernur Sumsel pasca mundurnya Syahrial Oesman sebagai gubernur sejak 19 Juni 2008.

Dra Rustriningsih Msi

Kini, Srikandi Jawa Tengah

Kini, dia srikandi Jawa Tengah. Terpilih menjadi Wagub perempuan pertama Provinsi Jateng 2008-2013. Sebelumnya, dia bupati perempuan pertama Kabupaten Kebumen, dua periode. Dia sudah menjadi bupati semasih gadis. Alumni S2 UGM, ini seorang kader PDI-P yang berpotensi menjadi Srikandi Indonesia.

Alfred Simanjuntak

Bangun Pemudi Pemuda

Namanya terukir sebagai pencipta lagu nasional ‘Bangun Pemudi Pemuda’. Judul lagu itu tampaknya selalu menjadi obsesi pria suku Batak kelahiran 8 September 1920 itu. Tercermin dari Karya Paparnya berjudul Membangun Manusia Pembangunan, saat menerima gelar Doctor Honoris Causa, 10/2/2001.

TB Silalahi

Anggota Watimpres SBY

Mantan Menteri PAN (1993-1998) kelahiran Pematang Siantar, Sumut, 17 April 1938, ini dipercaya sebagai  anggota Dewan Pertimbangan Presiden (SBY). Sebelumnya, Jenderal bintang tiga ini berperan dalam tim kampanye SBY pada Pilpres 2004. Dia seorang tokoh yang amat peduli pendidikan.

Utomo Dananjaya

Menjembatani Pembaruan

Mas Tom “The Living Bridge” adalah judul buku biografi menandai 70 tahun usia tokoh pembaharu pemikiran Islam Indonesia, Utomo Dananjaya. Direktur Intitute for Education Reform Universitas Paramadina, ini mempunyai peran strategis di antara berbagai ekstrimitas pemikiran yang saling berbeda.

Theresia Esi Samkakai

Guru Masyarakat Empat Zaman

Theresia Esi Samkakai akrab disapa Mama Esi seorang guru masyarakat dalam empat zaman di Papua. Selama 41 tahun dia mengajar mulai pada zaman Belanda, Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi. Dia warga asli Marind-anim yang lahir 1943 di Kampung Wambi, Distrik Okaba Papua.

Gordon Tobing (1925-1993)

Legenda Folk Song Batak

IN MEMORIAM: Gordon Tobing, musisi Batak legendaris. Bersama grupnya, Gordon telah memopulerkan lagu-lagu rakyat Batak ke seantoro dunia. Kepiawaian menyanyikan lagu rakyat Batak (Tapanuli) telah mengge-tarkan jutaan orang di puluhan negara di lima benua yang telah disinggahinya. Puluhan kepala negara telah menyambutnya dengan apresiasi yang amat berkesan.

Andi Mattalata, SH, MH

Politisi Golkar Jadi Menhukham

Master hukum dari Universitas Indonesia kelahiran Bone, 30 September 1952, ini dipercaya menjabat Menteri Hukum dan HAM, menggantikan Hamid Awaludin. Politisi Golkar yang sudah beberapa periode menjadi anggota DPR (sejak 1988 sampai 2007) itu sebelumnya berprofesi sebagai dosen Unhas Makassar.

Prof Dr KPH Asis H Djadjadiningrat

Sampah dan Siklus Hidup

Ketua Majelis Guru Besar ITB ini mendapat pemahaman tentang siklus hidup setelah banyak menghayati keberadaan limbah atau sampah. "Limbah bukan sesuatu yang berbahaya, malah bisa dimanfaatkan kembali," kata Kepala Laboratorium Kua-litas Udara ITB kelahiran Purwakarta, 13 Maret 1946 itu.

Prof Dr Riswandha Imawan (1955-2006)

Eagles Flies Alone

Pengmat politik berlogo Eagles Flies Alone di kaki gunung Merapi dan Guru Besar Fisipol UGM Yogyakarta Prof Dr Riswandha Imawan meninggal Jumat 4 Agustus 2006 pukul 13.45 di  Yogyakarta, akibat penyakit jantung. Pria kelahiran Bangkalan, Madura, 17 Januari 1955, itu juga menderita penyakit diabetes.

Maswadi Rauf

Sosok Sederhana Gagasan Besar

Prof Dr Maswadi Rauf MA, guru besar ilmu politik yang sederhana tapi penuh dengan gagasan besar dan berani. Sejak 25 tahun lalu, pria kelahiran Teluk Kuantan, Riau, 15 Februari 1946 ini, sudah melem-par gagasan tentang perlunya partisipasi politik masyara-kat untuk menciptakan negeri ini menjadi lebih baik.

Irawan Purwono

Inspirator Bagi Entrepreneur

Kisahnya sebagai wirausahawan sukses yang memulai bisnis dari puing kegagalan, telah menyemangati para pebisnis pemula untuk berani memulai usaha. Irawan Purwono, entrepreneur yang memiliki inspirasi kuat dalam berbisnis, namanya layak disejajarkan dengan para CEO terkemuka dunia lainnya.

Samsuridjal Djauzi

Peduli Penderita HIV/AIDS

Guru Besar Tetap Ilmu Penyakit Dalam FKUI ini sungguh mewarnai hidup dengan Surat An-Nisa 36: ”Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin.” Ayat itu dikutip pria kelahiran Bukit Tinggi, 3 Mei 1945 dalam pidato pengukuhan guru besarnya.

Deding Ishak Ibnu Sudja

Legislator dan Pendidik yang Agamais

Dia wakil rakyat bergelar doktor bidang kebijakan publik, pucuk pimpinan Ormas besar, dan pemangku sebuah lembaga pendidikan tinggi agama Islam. Dengan kapasitas intelektual dan politis yang dimiliki, dia bertekad menjadikan pembangunan bidang pendidikan sebagai panglima di negeri ini.

Trisutji Djuliati Kamal

Komponis dan Pianis

Komponis dan pianis kenamaan kelahiran Jakarta, 28 November 1936, ini telah lebih 50 tahun berkarya dalam dunia seni musik. Trisutji Djuliati Kamal, lulusan Conservatorio de Musica St Caecilia, Roma, itu telah menulis sekitar 200 karya musikal. Di antaranya 130 komposisi untuk piano.

John Ario Katili (1929-2008)

Doktor Geologi Pertama

OBITUARI: Mantan Wakil Ketua MPR Prof Dr John Ario Katili meninggal dunia Kamis 19 Juni 2008 sekitar pukul 17.30 di RSPI Jakarta. Doktor pertama di bidang geologi dari ITB (cum laude 1960) kelahiran Gorontalo, 9 Juni 1929, itu meninggal akibat pembuluh darah di bagian kakinya pecah.

Prof Astrid Susanto PhD (1936-2006)

Ahli Sosiologi Komunikasi

Guru Besar Sosiologi Komunikasi FISIP UI, yang juga terjun dalam dunia politik (DPR/MPR), ini meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta, 13 April 2006 pukul 08.55 WIB. Jenazah puteri bangsa bernama lengkap Prof Dr Maria Antonia Astrid Sunarti Susanto, ini dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAFSIR AL-QUR'AN

O.SurahMakkiyah / MadaniyahJumlah AyatRecitation
1.Al-Fatihah (Pembukaan)Makkiyah7
2.Al-Baqarah (Sapi Betina)Madaniyyah286
3.Ali Imran (Keluarga 'Imran)Madaniyyah200
4.An-Nisaa (Wanita)Madaniyyah176
5.Al-Maidah (Hidangan)Madaniyyah120
6.Al-An'am (Binatang Ternak)Makkiyah165
7.Al-A'raf (Tempat Tertinggi)Makkiyah206
8.Al-Anfaal (Rampasan Perang)Madaniyyah75
9.At-Taubah (Pengampunan)Madaniyyah129
10.Yunus (Yunus)Makkiyah109
11.Huud (Hud)Makkiyah123
12.Yusuf (Yusuf)Makkiyah111
13.Ar-Ra'd (Petir)Madaniyyah43
14.Ibrahim (Ibrahim)Makkiyah52
15.Al-Hijr (Al Hijr)Makkiyah99
16.An-Nahl (Lebah)Makkiyah128
17.Al-Israa' (Memperjalankan di Malam Hari)Makkiyah111
18.Al-Kahfi (Goa)Makkiyah110
19.Maryam (Maryam)Makkiyah98
20.Thaahaa (Thaa Haa)Makkiyah135
21.Al-Anbiyaa (Nabi-nabi)Makkiyah112
22.Al-Hajj (Haji)Madaniyyah78
23.Al-Mu'minuun (Orang-orang yang Beriman)Makkiyah118
24.An-Nuur (Cahaya)Madaniyyah64
25.Al-Furqaan (Pembeda)Makkiyah77
26.Asy-Syu'araa (Para Penyair)Makkiyah227
27.An-Naml (Semut)Makkiyah93
28.Al-Qashash (Kisah-kisah)Makkiyah88
29.Al-'Ankabuut (Laba-laba)Makkiyah69
30.Ar-Ruum (Bangsa Romawi)Makkiyah60
31.Luqman (Luqman)Makkiyah34
32.As-Sajdah (Sujud)Makkiyah30
33.Al-Ahzab (Golongan yang Bersekutu)Madaniyyah73
34.Saba' (Kaum Saba')Makkiyah54
35.Faathir (Pencipta)Makkiyah45
36.Yaa Siin (Yaa Siin)Makkiyah83
37.Ash-Shaaffat (Yang bershaf-shaf)Makkiyah182
38.Shaad (Shaad)Makkiyah88
39.Az-Zumar (Rombongan-rombongan)Makkiyah75
40.Al-Mu'min (Orang yang Beriman)Makkiyah85
41.Fushshilat ((Kitab) yang dijelaskan)Makkiyah54
42.Asy-Syuura (Musyawarah)Makkiyah53
43.Az-Zukhruf (Perhiasan)Makkiyah89
44.Ad-Dukhaan (Kabut)Makkiyah59
45.Al-Jaatsiyah (Yang Berlutut)Makkiyah37
46.Al-Ahqaaf (Bukit-bukit Pasir)Makkiyah35
47.Muhammad (Nabi Muhammad S.A.W.)Madaniyyah38
48.Al-Fat-h (Kemenangan)Madaniyyah29
49.Al-Hujuraat (Kamar-kamar)Madaniyyah18
50.Qaaf (Qaaf)Makkiyah45
51.Adz-Dzaariyat (Angin yang Menerbangkan)Makkiyah60
52.Ath-Thuur (Bukit)Makkiyah49
53.An-Najm (Bintang)Makkiyah62
54.Al-Qamar (Bulan)Makkiyah55
55.Ar-Rahmaan (Yang Maha Pemurah)Madaniyyah78
56.Al-Waaqi'ah (Hari Kiamat)Makkiyah96
57.Al-Hadiid (Besi)Madaniyyah29
58.Al-Mujaadilah (Wanita yang Mengajukan Gugatan)Madaniyyah22
59.Al-Hasyr (Pengusiran)Madaniyyah24
60.Al-Mumtahanah (Perempuan yang Diuji)Madaniyyah13
61.Ash-Shaff (Barisan)Madaniyyah14
62.Al-Jumuah (Hari Jum'at)Madaniyyah11
63.Al-Munaafiqun (Orang-orang Munafik)Madaniyyah11
64.At-Taghaabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-kesalahan)Madaniyyah18
65.Ath-Thalaaq (Talak)Madaniyyah12
66.At-Tahriim (Mengharamkan)Madaniyyah12
67.Al-Mulk (Kerajaan)Makkiyah30
68.Al-Qalam (Kalam (Pena))Makkiyah52
69.Al-Haaqqah (Hari Kiamat)Makkiyah52
70.Al-Ma'aarij (Tempat-tempat Naik)Makkiyah44
71.Nuh (Nabi Nuh)Makkiyah28
72.Al-Jin (Jin)Makkiyah28
73.Al-Muzzammil (Orang yang Berselimut)Makkiyah20
74.Al-Muddatstsir (Orang yang Berkemul)Makkiyah56
75.Al-Qiyaamah (Hari Kiamat)Makkiyah40
76.Al-Insaan (Manusia)Madaniyyah31
77.Al-Mursalaat (Malaikat yang Diutus)Makkiyah50
78.An-Naba' (Berita Besar)Makkiyah40
79.An-Naazi'aat (Malaikat-malaikat yang Mencabut (Nyawa))Makkiyah46
80.'Abasa (Ia Bermuka Masam)Makkiyah42
81.At-Takwiir (Menggulung)Makkiyah29
82.Al-Infithaar (Terbelah)Makkiyah19
83.Al-Muthaffif (Orang-orang yang Curang)Makkiyah36
84.Al-Insyiqaaq (Terbelah)Makkiyah25
85.Al-Buruuj (Gugusan Bintang)Makkiyah22
86.Ath-Thaariq (Yang Datang di Malam Hari)Makkiyah17
87.Al-A'laa (Yang Paling Tinggi)Makkiyah19
88.Al-Ghaasyiyah (Hari Pembalasan)Makkiyah26
89.Al-Fajr (Fajar)Makkiyah30
90.Al-Balad (Negeri)Makkiyah20
91.Asy-Syams (Matahari)Makkiyah15
92.Al-Lail (Malam)Makkiyah21
93.Adh-Dhuhaa (Waktu Matahari Sepenggalah Naik)Makkiyah11
94.Alam Nasyrah (Melapangkan)Makkiyah8
95.At-Tiin (Buah Tin)Makkiyah8
96.Al-'Alaq (Segumpal Darah)Makkiyah19
97.Al-Qadr (Kemuliaan)Makkiyah5
98.Al-Bayyinah (Bukti)Madaniyyah8
99.Az-Zalzalah (Kegoncangan)Madaniyyah8
100.Al-'Aadiyaat (Kuda Perang)Makkiyah11
101.Al-Qaari'ah (Hari Kiamat)Makkiyah11
102.At-Takaatsur (Bermewah-mewahan)Makkiyah8
103.Al-'Ashr (Masa)Makkiyah3
104.Al-Humazah (Pengumpat)Makkiyah9
105.Al-Fiil (Gajah)Makkiyah5
106.Quraisy (Suku Quraisy)Makkiyah4
107.Al-Maa'uun (Barang-barang yang Berguna)Makkiyah7
108.Al-Kautsar (Nikmat yang Banyak)Makkiyah3
109.Al-Kaafiruun (Orang-orang Kafir)Makkiyah6
110.An-Nashr (Pertolongan)Madaniyyah3
111.Al-Lahab (Gejolak Api)Makkiyah5
112.Al-Ikhlash (Memurnikan Ke-esaan Allah)Makkiyah4
113.Al-Falaq (Waktu Subuh)Makkiyah5
114.An-Naas (Manusia)Makkiyah6